Tutorial Cara Menciptakan Karya Seni Paper Cutting Berbentuk Burung

.com - Tutorial Paper Cutting. Selain dipakai sebagai media tulis, cetak, atau gambar, kertas juga sanggup dimanfaatkan sebagai materi dasar pembuatan karya seni. Salah satu karya seni yang memanfaatkan kertas sebagai materi utamanya yakni paper cutting. Paper cutting merupakan seni dekorasi memakai kertas yang dilakukan dengan cara memotong bagian-bagian tertentu pada kertas sehingga dihasilkan bentuk dekorasi yang diinginkan. Seni paper cutting merupakan seni tradisional Cina yang kemudian berkembang di aneka macam penjuru dunia termasuk Indonesia. Pada kesempatan ini, teknokiper akan memaparkan tutorial cara menciptakan sebuah karya seni paper cutting berbentuk burung.

Sesuai dengan namanya, teknik dasar yang dipakai dalam pembuatan karya seni paper cutting yakni teknik memotong. Dalam hal ini diharapkan kelihaian tangan (menggunakan pemotong) untuk memotong bagian-bagian tertentu pada kertas. Pada proses pemotongan sangat diharapkan ketelitian dan kesabaran.

Selain kesabaran, untuk menciptakan karya seni paper cutting juga diharapkan kreativitas dalam memadukan aneka macam contoh menjadi satu kesatuan objek tertentu. Selain itu, seniman paper cutting tentu harus mempunyai kemampuan untuk menciptakan pola.

Membuat contoh merupakan kepingan yang cukup sulit sebab pada tahap ini, kita dituntut kreatif untuk menentuan bagian-bagian mana saja yang akan dipotong dan bentuk menyerupai apa yang akan kita jadikan dekorasi potongannya.

 kertas juga sanggup dimanfaatkan sebagai materi dasar pembuatan karya seni Tutorial Cara Menciptakan Karya Seni Paper Cutting Berbentuk Burung

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Alat dan materi yang diharapkan untuk menciptakan paper cutting bekerjsama cukup sederhana, yaitu kertas, cutter, dan alat tulis. Namun jikalau anda lebih suka menciptakan contoh memakai komputer, maka harus ada komputer dan progam untuk menciptakan contoh contohnya corel draw, photoshop, dan sebagainya. Selain itu, diharapkan printer untuk mencetak contoh ke kertas.

Kertas yang dipakai untuk menciptakan paper cutting biasanya merupakan jenis kertas yang agak tebal sehingga tidak gampang rusak dan lebih tahan lama. Beberapa seniman paper cutting lebih suka memakai fancy cartoon sebab tersedia dalam varian warna yang cukup banyak dan dengan tekstur yang sanggup disesuaikan.

Pemotong yang dipakai biasanya yakni pisau cutter. Anda tidak harus membeli cutter khusus sebab cutter biasa yang dijual di toko buku juga sudah cukup elok untuk menciptakan paper cutting. Beberapa orang juga suka memakai gunting untuk bagian-bagian yang masih terjangkau oleh gunting.

Sebagai bantalan untuk proses pemotongan, sebaiknya dipakai kertas, majalah, atau karton bekas. Sebaiknya jangan memakai bantalan kaca, kayu, lantai atau keramik sebagai bantalan sebab pisau akan menjadi cepat tumpul.

Proses Pembuatan Karya Seni Paper Cutting

Secara garis besar, proses pembuatan karya seni rupa paper cutting terdiri dari empat langkah, yaitu pembuatan bentuk dasar, pembuatan contoh potongan, pencetakan pola, dan pemotongan kertas sesuai dengan contoh yang telah ditentunkan.

#1 Pembuatan Bentuk Dasar
Tahap pertama yakni pembuatan bentuk dasar dari objek yang ingin dibuat. Karena pada tutorial ini akan dibentuk paper cutting berbentuk burung, maka bentuk dasarnya yakni bentuk burung. Dengan memakai jadwal komputer buatlah outline berbentuk burung (lihat gambar 1).

#2 Pembuatan Pola Potongan
Selanjutnya yakni pebuatan contoh potongan. Pada proses ini merupakan proses kreatif dari masing-masing pribadi untuk menciptakan contoh sedemikian rupa sesuai keinginan. Pola potongan yakni kepingan yang diwarnai gelap (lihat gambar 2).

Jika anda tidak hebat memakai jadwal komputer menyerupai corel draw atau ilusrator, anda juga bisa menggambarnya secara pribadi ke kertas memakai spidol warna atau alat bantu lainnya. Untuk lebih mudahnya, anda juga sanggup mencari contoh di internet sebab banyak wangsit contoh paper cutting di beberapa situs seni.

#3 Pencetakan Pola
Jika contoh pemotongan sudah selesai dibuat, maka selanjutnya cetak contoh tersebut ke kertas yang akan dipakai sebagai paper cutting. Tidak perlu memakai warna yang terlalu jelas untuk mencetak pola. Warna abu-abu juga sudah cukup sebab hanya untuk tanda kepingan yang akan dipotong saja (gambar 3).

 kertas juga sanggup dimanfaatkan sebagai materi dasar pembuatan karya seni Tutorial Cara Menciptakan Karya Seni Paper Cutting Berbentuk Burung

#4 Pemotongan Kertas
Setelah contoh dicetak ke kertas (kertas yang akan dipakai sebagai materi paper cutting), maka selanjutnya yang merupakan tahap final yakni pemotongan kertas sesuai dengan pola. Gunakan cutter untuk memotong setiap kepingan yang ada pada contoh potongan (gambar 4). Tahap ini termasu tahap yang memakan banyak waktu sebab diharapkan kesabaran dan ketelitian.
Sumber http://hamilhamil1.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Dan Pembahasan Pesawat Sederhana

Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bundar

Contoh Soal Dan Pembahasan Listrik Statis Aturan Coulomb