Pengertian Mikroskop Dan Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya

.com - Bagian-bagian Mikroskof dan Fungsinya. Ilmu biologi termasuk salah satu bidang ilmu yang berkembang pesat dan banyak terbantu dengan ditemukannya alat-alat bantu pengamatan untuk megamati objek-objek biologi yang tidak sanggup diamati dengan mata secara langsung. Salah satu alat yang berperan penting dalam perkembang biologi yakni mikroskop. Mikroskop merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mengamati banyak objek biologi dan secara tidak eksklusif turut membantu penemuan-penemuan di bidang ilmu biologi. Tidak hanya dalam bidang ilmu biologi, mikroskop juga banyak dipakai di beberapa bidang lain menyerupai kedokteran, farmasi, kimia, fisika, dan sebagainya.

Pengertian dan Fungsi Mikroskop

Jika ditinjau dari arti katanya, mikroskop berasal dari kata Yunani "Mikro" yang artinya kecil dan "scopein" yang artinya melihat. Berdasarkan kedua kata tersebut, secara sederhana mikroskof sanggup diartikan sebagai alat untuk melihat benda yang berkuruan kecil.

Dengan kata lain, mikroskop yakni sebuah alat bantu yang dipakai untuk melihat atau mengamati objek yang berukuran terlalu kecil yang sulit diamati dengan mata t3lanjang. Dengan fungsi perbesaran yang ada pada mikroskop, kita sanggup mengamati benda yang ukurannya sangat kecil.

Salah satu jenis mikroskop yang biasa dipakai para andal untuk mengamati objek berukuran kecil (mikroorganisme, organel sel, molekul kecil, dan sebagainya) yakni mikroskop cahaya. Mikroskop cahaya mempunyai kemampuan perbesaran sampai seribu kali.

Selain mikroskop cahaya, salah satu jenis mikroskop lain yang lebih unggul dalam mengamati molekul-molekul penyusun makhluk hidup yakni mikroskop elektron. Mikroskop elektron mempunyai perbesaran yang lebih besar, yaitu sampai sejuta kali.

Bagian-bagian Mikroskof Beserta Fungsinya

Secara garis besar, sebuah mikroskop cahaya terdiri dari badan, lengan, dan kaki. Pada ketiga pecahan ini terdapat banyak sekali pecahan lainnya yang mempunyai fungsi tertentu. Berikut beberapa pecahan yang umum di dalam sebuah mikroskop.

 Ilmu biologi termasuk salah satu bidang ilmu yang berkembang pesat dan banyak terbantu de Pengertian Mikroskop Dan Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya

#1 Lensa Okuler
Lensa okuler merupakan pecahan optik mikroskop yang terletak paling atas di atas tubuh dan merupakan pecahan yang akan dipakai sebagai kawasan mata untu melihat bayanga objek. Fungsi lensa okuler yakni untuk memperbesar bayangan dari lensa objektif.

#2 Badan Mikroskop
Badan mikroskop yakni pecahan mikroskop yang bebentuk menyerupai tabung dan sanggup dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan. Bagian ini berafiliasi dengan lengan mikroskop dan sanggup diatur posisinya dengan memakai makrometer atau mikrometer.

#3 Pemutar Lensa
Pemutar lensa merupakan pecahan mikroskop yang berbentuk lempengan dan sanggup diputar. Bagian ini terhubung eksklusif ke wadah lensa dan berfungsi untuk mengatur posisi lensa ojektif semoga berada pada kedudukan yang sesuai sehingga mendapat fous yang baik.

#4 Lensa Objektif
Lensa objektif merupakan pecahan otpik mikroskop yang terletak di bawah tubuh mikroskop dan diatur posisinya memakai pemutar lensa. Lensa objektif dihdapakan pada objek pengamatan dan berfungsi untuk memperbesar bayangan objek yang diamati.

#5 Penjepit
Pejepit merupakan pecahan yang terletak di atas meja mikroskop dan befungsi untuk menjepit beling benda yang dipakai untuk menutup objek pengamatan semoga tidak gampang bergeser.

#6 Kondensor
Kondensor yakni pecahan mikroskop yang terletak di bawah meja mikroskop atau meja objek dan berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dari cermin menuju sediaan atau objek pengamatan.

#7 Diafragma
Diafragma merupakan pecahan mikroskop yang terhubung ke kondensor dan berfungsi untuk mengatur sedikit banyanya cahaya yang menuju ke kondensor.

#8 Cermin
Cermin atau reflektor merupakan pecahan yang dipakai untuk memantulkan cahaya dari sumber cahaya ke kondensor. Cermin ini terletak di bawah diafragma atau kondensor.

#9 Makrometer
Makrometer (pemutar kasar) merupakan pecahan yang berfungsi untuk mengatur keduduan tubuh mikroskop secara cepat. Dengan pecahan ini, kita sanggup menaikkan atau menurunkan tubuh mikroskop dengan cepat.

#10 Mikrometer
Mikrometer (pemutar halus) merupakan pecahan yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tubuh mikroskop secara lambat. Mikromete umumnya terletak di bawah makrometer dan terhubung eksklusif ke lengan mikroskop.

#11 Lengan Mikroskop
Lengan mikroskop merupakan pecahan yang menghubungkan tubuh mirksokop dengan kaki mikroskof dan umumnya berbentuk agak melengkung dan berukuran panjang. Lengan mikroskop berfungsi sebagai kawasan untuk memegang mikroskop.

#12 Meja Mikroskop
Meja mikroskop disebut juga meja objek, yaitu pecahan yang berbentuk lempengan persegi (kotak) tebal yang terletak sempurna di bawah lensa. Terdapat sebuah lubang pada meja untuk kawasan lewatnya cahay dari kondensor. Meja obejk dipakai untuk meletakan sediaan atau objek yang akan diamati.

#13 Sendi Inklinasi
Sendi inklinasi merupakan pecahan yang terletak di atas pemutar kondensor. Sendi inklinasi berfungsi untuk mengatur sudut miring tegaknya mikroskof. Bagian ini biasanya jarang diubah sebab sudah diatur sesuai dengan kondisi defaultnya.

#14 Pemutar Kondensor
Sesuai dengan namanya, pemutar kondensor merupakan pecahan mikroskop yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan kondensor sesuai kebutuhan semoga diperoleh cahaya optimum untuk pengamatan.

#15 Kaki Mikroskop
Kaki mikroskop merupakan pecahan yang terletak paling bawah dan dihubungkan dengan tubuh oleh sendi inklinasi. Bagian ini berfungsi untuk menopang tegaknya mikroskop atau menyanggah mikroskop semoga tidak gampang jatuh.
Sumber http://hamilhamil1.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Dan Pembahasan Pesawat Sederhana

Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bundar

Contoh Soal Dan Pembahasan Listrik Statis Aturan Coulomb