Unsur Fisik Dan Unsur Sosial Negara Singapura

.com - Unsur Fisik dan Sosial Singapura. Singapura merupakan salah satu negara yang terletak di daerah Asia Tenggara yang populer dengan julukan kota singa. Salah satu ikon wisata Singapura yang populer di mata dunia yaitu patung merlion yaitu patung dari sosok mahluk misterius berkepala singa dan bertubuh ikan. Sebagai negara yang merdeka, Singapura merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang mempunyai standar hidup tertinggi. Biaya hidup di Singapura terbilang sangat tinggi kalau dibandingkan dengan Indonesia. Dalam hal pembangunan, Singapura juga bisa dikatakan sebagai negara yang berkembang pesat.

Singapura merdeka pada tahun 1959 kemudian bergabung dengan Federasi Malaysia pada tahun 1963. Akan tetapi, alasannya yaitu alasan tertentu, Singapura kemudian melepaskan diri dari federasi dan membentuk negara republik. Perdana menteri ketika itu yaitu Lee Kuan Yew.

A. Letak dan Batas Wilayah Singapura

Singapura terletak di 1o 15’ LU – 1o 26’ LU dan 103o BT – 104o BT. Sebelah utara Singapura berbatasan dengan Selat Johor Malaysia, sebelah timur berbatasan dengan Malaysia dan Indonesia, sebelah selatan berbatasan dengan Kepulauan Riau, dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka.

 Singapura merupakan salah satu negara yang terletak di daerah Asia Tenggara yang populer  Unsur Fisik Dan Unsur Sosial Negara Singapura

Batas-batas wilayah Singapura :
1). Sebelah Utara : berbatasan dengan Selat Johor Malaysia
2). Sebelah Selatan : berbatasan dengan Kepulauan Riau Indonesia
3). Sebelah Timur : berbatasan Malaysia dan Indonesia
4). Sebelah Barat : berbatasan dengan Selat Malaka.

B. Kondisi Alam dan Iklim Singapura

Singapura merupakan negara pulau yang terdiri dari beberapa pulau dan terletak di lepas pantai tenggara Semenanjung Malaka. Pulau Singapura merupakan yang terbesar di antara 50 pulau kecil lainnya.Beberapa pulau besar di Singapura antara lain pulau Tekong, pulau Ubin, pulau Ayer Chawan, dan Sentosa.

Negara Singapura mempunyai luas wilayah sebesar ±622 km2. Belahan barat wilayah Singapura terdiri atas perbukitan dan lembah. Bagian tengah berupa daerah perbukitan, sedangkan belahan timur dan barat daya didominasi dengan daerah dataran rendah dan rawa-rawa.

Sungai-sungai kecil dan pendek mengalir dari daerah perbukitan ke pantai. Sungai yang terdapat di Singapura antaralin Sungai Kranji dan Sungai Jurong. Singapura memperluas daerahnya dengan reklamasi pantai dengan pengurukan pasir.

Singapura mempunyai iklim tropik khatulistiwa tanpa isu terkini yang konkret berbeda, kesamaan suhu, kelembapan tinggi, dan curah hujan yang melimpah. Suhu berkisar antara 22 to 34 °C. Rata-rata kelembapan relatif berkisar antara 90% di pagi hari dan 60% di sore hari.

Musim hujan yang sejuk terjadi paba bulan November hingga Maret, isu terkini kemarau yang panas berlangsung pada bulan April hingga Sepetember, isu terkini pancaroba berlangsung pada bulan September hingga November.

C. Penduduk dan Bentuk Pemerintahan Singapura

Singapura merupakan negara republik dimana pemerintahan dijalankan dengan sistem parlementer. Negara dipimpin oleh seorang kepala negara berupa presiden dan pemerintahannya dipimpin oleh seorang perdana menteri. Perdana menteri merupakan anggota DPR yang memperoleh kepercayaan dari mayoritas.

Penduduk Singapura didominasi oleh etnis Cina. Lebih dari 50% penduduk Singapura yaitu orang Cina sedangkan sisanya yaitu orang Melayu, India, dan sebagainya. Singapura memakai beberapa bahasa menyerupai Mandarin, Melayu, Bahasa Inggris, dan bahasa Tamil.

Sebagian besar (95 %) penduduk Singapura tinggal di perkotaan, alasannya yaitu Singapura merupakan sebuah negara kota. Karena padatnya penduduk, sebagian besar (85 %) penduduk Singapura tinggal di rumah susun atau apartemen.

Sama menyerupai Indonesia, penduduk di Singapura juga menganut beberapa agama menyerupai Islam, Kristen, Hindu, Kong Hu Cu, Buddha, dan Tao. Kong Hucu, Buddha, dan Tao termasuk agama yang banyak dianut oleh penduduk Singapura yang merupakan orang Cina.

D. Kegiatan Perekonomian Singapura

Selain berdagang, penduduk Singapura juga melaksanakan banyak sekali aktivitas ekonomi lainnya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Berikut beberapa mata pencaharian penduduk Singapura.

#1 Perdagangan
Dalam hal perdagangan, Singapura terbilang aktif dalam aktivitas ekspor-impor. Ekspor utama mereka yaitu minyak, mesin industri, peralatan elektronik, pakaian, minuman, dan rokok. Sedangkan impor mereka antaralain minyak mentah, baja, alumunium, generator listrik, dan komponen elektronik.

#2 Pertanian dan Perkebunan
Singapura tetap mempertahankan lingkungan hijau meskipun daerahnya tidak terlalu luas. Dari pertanian, penduduk Singapura sanggup memenuhi banyak sekali kebutuhan. Produk pertanian mereka antaralain buah-buahan, sayuran, tanaman hias, dan sebagainya.

#3 Perindustrian
Semua hasil pertanian dan perkebunan diolah menjadi barang jadi melalui aktivitas industri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga untuk dieskpor. Aneka industri telah berhasil dikembangkan di negara ini meskipun sebagian materi mentah harus diimpor dari luar.

#4 Pariwisata
Dari segi pariwisata, Singapura mempunyai beberapa objek wisata yang ditata dengan apik sehingga bisa menarik wisatawan absurd untuk berkunjung. Tidak hanya wisata alam pantai, Singapura juga menyediakan banyak sekali media hiburan menyerupai taman hewan, studio, museum, dan sebagainya.

E. Kerja Sama Singapura dengan Indonesia

Karena sama-sama negara di Asia Tenggara, Singapura dan Indonesia mempunyai korelasi kolaborasi dalam naungan ASEAN. Selain itu, kedua negara ini juga melaksanakan korelasi kolaborasi dalam hal perdagangan, ekspor-impor, dan kolaborasi dalam hal pengembangan pulau Batam.
Sumber http://hamilhamil1.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Dan Pembahasan Pesawat Sederhana

Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bundar

Contoh Soal Dan Pembahasan Listrik Statis Aturan Coulomb