Pembahasan Soal Un Ipa Smp Fisika 2008 No 16-20

.com - Soal ujian nasional IPA Sekolah Menengah Pertama tahun 2008. Pembahasan soal ujian nasional IPA bidang study fisika untuk tingkat sekolah menengah pertama. Pembahasan soal ujian nasional Fisika ini disusun menurut soal-soal ujian nasional fisika untuk tingkat menengah pertama. Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan soal un fisika tahun 2008 yang telah dibahas sebelumnya. Setiap artikel pembahasan terdiri dari lima soal. Lima soal yang akan dibahas pada kesempatan ini mencakup lima topik dalam study fisika antaralain energi listrik, kemagnetan, induksi elektromagnetik, tatasurya, dan bumi sebagai planet. Pembahasan ujian nasional IPA Sekolah Menengah Pertama tahun 2008 ini sengaja kami susun kembali untuk membantu murid memperkaya model soal ujian nasional sehingga diperlukan murid menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian nasionalsebab sudah terbiasa dengan model soalnya.

Berikut model soal yang keluar pada pembahasan kali ini : (16) Menentukan biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaian energi listrik. (17) Menentukan kutub dan sifat magnet yang terjadi pada pembuatan magnet dari batang besi dengan cara gosok. (18) Menentukan jumlah lilitan sekunder pada trafo menurut nilai yang diketahui pada gambar. (19) Menentukan leta planet Mars pada gambar. (20) Menentukan penyebab perubahan ekspresi dominan di suatu wilayah di permukaan bumi.

Soal 16 : Energi Listrik
Empat buah lampu pijar dengan spesifikasi masing-masing 220V/100 watt menyala 6 jam setiap harinya. Jika keempat lampu bekerja secara sempurna, maka biaya energi listrik untuk pemakaian selama 1 bulan, jikalau tarif 1 kWh ialah Rp 600,- ialah ...
A. Rp 95.040,-
B. Rp 43.200,-
C. Rp 38.400,-
D. Rp 34.560,-

Pembahasan :
KWh (kilowatt hour = kilowatt jam) merupakan satuan energi listrik yang digunakan di rumah. Banyaknya energi listrik yang terpakai di sebuah rumah diukur dengan alat ukur energi listrik yang dipasang PLN, yaitu kWh-meter.

Untuk memilih biaya tagihan listrik yang harus dibayar, kita harus menghitung berapa total energi listrik yang terpakai selama 1 bulan (30 hari). Pada soal, digunakan 4 buah lampu yang menyala selama 6 jam setiap harinya.

Masing-masing lampu mempunyai daya 100 watt, maka daya 4 lampu adalah:
⇒ P total = 4 x P
⇒ P total = 4 x 100
⇒ P total = 400 watt

Lampu digunakan 6 jam selama 30 hari, maka waktu total adalah:
⇒ t = 6 jam x 30
⇒ t = 180 jam
⇒ t = 180 h

Hubungan energi listrik, daya, dan waktu ialah sebagai berikut:
W = P . t

Keterangan :
W = energi listrik yang terpakai (J)
P = daya listrik (watt)
t = waktu (s).

Dengan daya 400 watt selama 180 jam, maka energi yang digunakan adalah:
⇒ W = P . t
⇒ W = 400 W x 180 h
⇒ W = 72.000 Wh
⇒ W = 72 kWh

Jadi, biaya yang harus dibayar adalah:
⇒ Biaya = 72 x Rp 600,-
⇒ Biaya = Rp 43.200,-
Jawaban : B

Soal 17 : Membuat Magnet dengan Cara Gosok

Perhatikan gambar berikut ini!

 Soal ujian nasional IPA Sekolah Menengah Pertama tahun  Pembahasan Soal Un Ipa Smp Fisika 2008 No 16-20

Batang besi AB akan dibentuk magnet dengan digosok berulang-ulang dengan magnet batang secara earah menyerupai pada gambar. Kutub-kutub magnet dan sifat magnet yang terjadi pada batang besi AB ialah ...
A. A kutub utara dan B kutub selatan bersifat tetap
B. B kutub utara dan A kutub selatan bersifat tetap
C. A kutub utara dan B kutub selatan bersifat sementara
D. B kutub utara dan A kutub selatan bersifat sementara

Pembahasan :
Untuk menciptakan magnet, ada tiga cara yang umum digunakan, yaitu:
1). Dengan cara menggosok
2). Cara induksi
3). Cara arus dc

Dalam pembuatan magnet dengan cara digosok berulang-ulang menyerupai pada gambar di atas, ujung terjauh magnet hasil gosokan selalu tidak sejenis dengan kutub yang menggosoknya. Pada gambar terlihat bahwa kutub yang menggosok batang besi ialah kutub utara, maka ujung terjauh yaitu titik B menjadi kutub selatan sedangkan ujung A menjadi kutub utara.

Kemudian, menurut sifat kemagnetannya, benda sanggup dibedakan menjadi materi magnetik dan materi nonmagnetik. Bahan magnetik biasa disebut ferromagnetik dan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu materi magnet keras dan materi magnet lunak.

Bahan magnet keras ialah bahan-bahan yang sangat sukar dijadikan magnet tetapi akan menghasilkan magnet permanen, contohnya baja dan alcomax. Sedangkan materi magnet lunak ialah materi yang gampang dijadikan magnet namun sifat magnetnya sementara contohnya besi dan mumetal.

Jadi, dari proses menggosok di atas, kutub-kutub magnet dan sifat magnet yang terjadi pada batang besi AB ialah A kutub utara dan B kutub selatan bersifat sementara.
Jawaban : C

Soal 18 : Induksi Elektromagnetik
Perhatikan gambar berikut ini!

 Soal ujian nasional IPA Sekolah Menengah Pertama tahun  Pembahasan Soal Un Ipa Smp Fisika 2008 No 16-20

Jumlah lilitan sekunder trafo tersebut ialah ....
A. 500 lilitan
B. 1.000 lilitan
C. 2.000 lilitan
D. 10.000 lilitan

Pembahasan :
Transformator atau tarfo ialah alat yang digunakan untuk mengubah tegangan ac dari suatu nilai tertentu ke nilai yang diinginkan. Trafo step-up digunakan untuk meningkatkan tegangan sementara trafo step-down digunakan untuk menurunkan tegangan.

Hubungan antara tegangan dan jumlah lilitan pada transformator dinyatakan dalam persamaan umum trasnformator, yang secara matematis ditulis sebagai berikut:
Vp  = Np
Vs Ns

Keterangan :
Vp = tegangan primer (volt)
Vs = tegangan sekunder (volt)
Np = jumlah lilitan primer
Ns = jumlah lilitan sekunder.

Berdasarkan gambar
Dik : Vp = 220 V, Vs = 110 V, Np = 2000
Dit : Ns = ... ?

Jumlah lilitan sekunder:
⇒ Vp/Vs = Np/Ns
⇒ 220/110 = 2000/Ns
⇒ 2 = 2000/Ns
⇒ 2Ns = 2000
⇒ Ns = 1000 lilitan.
Jawaban : B

Soal 19 : Tata Surya - Menentukan Letak Planet

Perhatikan gambar orbit planet-planet berikut ini!

 Soal ujian nasional IPA Sekolah Menengah Pertama tahun  Pembahasan Soal Un Ipa Smp Fisika 2008 No 16-20

Planet mars terletak antara dua planet bernomor ...
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 4 dan 6

Pembahasan :
Jika diurutkan menurut orbitnya yang paling bersahabat dengan matahari, maka kedelapan planet yang telah ditemukan di tatasurya ialah sebagai berikut:
1). Merkurius
2). Venus
3). Bumi
4). Mars
5). Yupiter
6). Saturnus
7). Uranus
8). Neptunus

Dari urutan tersebut, maka sanggup kita lihat bahwa planet Mars terletak di antara Bumi dan Yupiter. Jadi, planet Mars terletak di antara dua planet bernomor 3 dan 5.
Jawaban : C

Soal 20 : Bumi Sebagai Planet
Dari bulan Desember hingga bulan maret sebagian besar negara di Amerika dan Eropa mengalami ekspresi dominan dingin, dari bulan Maret hingga Juni mengalami ekspresi dominan semi, dari bulan juni hingga September mengalami ekspresi dominan panas, dan dari bulan September ke Desember mengalami ekspresi dominan gugur. Perubahan ekspresi dominan di wilayah tersebut terjadi akhir dari ...
A. Rotasi bumi
B. Revolusi bumi
C. Rotasi bulan
D. Revolusi bulan

Pembahasan :
Pergantian ekspresi dominan merupakan salah satu kejadian yang terjadi lantaran efek revolusi bumi. Revolusi bumi ialah perputaran bumi mengelilingi matahari. Karena massa matahari lebih besar daripada massa bumi dan adanya gaya gravitasi antara bumi dan matahari, maka bumi mengitari matahari.

Berikut beberapa kejadian akhir revolusi bumi:
1). Pergantian ekspresi dominan
2). Perubahan lamanya waktu siang dan malam
3). Gerak semu tahunan matahari
4). Terlihat rasi bintang yang berbeda.

Pergantian Musim
Pergantian ekspresi dominan disebabkan oleh revolusi bumi terutama oleh miringnya poros bumi terhadap garis tegak lurus ekliptika. Pada bulan Desember hingga maret : kutub utara paling jauh ke matahari dan menandai awal ekspresi dominan hambar di belahan bumi utara. Sedangkan dari Juni hingga September : kutub utara paling condong ke matahari dan menandai awal ekspresi dominan panas di belahan bumi utara.
Jawaban : B

Sumber http://hamilhamil1.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Dan Pembahasan Pesawat Sederhana

Contoh Soal Dan Pembahasan Perihal Bundar

Contoh Soal Dan Pembahasan Listrik Statis Aturan Coulomb